Gangguan Pencernaan – Pengobatan Rumah

Gangguan pencernaan disebut sebagai Agnimandya dalam Ayurveda. Sebenarnya, gangguan pencernaan itu sendiri bukanlah penyakit, tetapi merupakan manifestasi dari beberapa masalah dengan saluran pencernaan. Agni bertanggung jawab untuk pencernaan makanan dalam tubuh. Ketika ada ketidakseimbangan agni – yang berarti api pencernaan – maka proses pencernaan terganggu. Inilah saat gangguan pencernaan terjadi. Agni dapat diatasi karena beberapa alasan. Makan makanan yang salah, makan di waktu yang salah, memiliki pikiran negatif dalam pikiran, stres yang berlebihan dan bahkan masalah fisik dengan saluran pencernaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan harus disembuhkan dengan cepat, atau itu akan membangun racun dalam tubuh, yang disebut sebagai ama.

Ada perbedaan dalam pencernaan yang disebabkan pada orang karena vata, pitta dan kapha doshas. Pada orang dengan vata dosha, gangguan pencernaan dirasakan sebagai kram perut yang menyakitkan. Pada orang dengan pitta dosha, ada rasa sakit yang membakar atau membakar di perut. Gangguan pencernaan pada orang dengan kapha dosha adalah yang paling kejam. Di dalamnya, itu ditandai dengan mual dan muntah bersama dengan sakit perut.

Herbal yang Berguna dalam Pengobatan Gangguan pencernaan

1. Adas manis (Pimpinella anisum)

Adas manis adalah obat yang sangat baik untuk berdeguk di perut, yang merupakan indikasi adanya gas yang berlebihan. Ini dapat memperlambat fermentasi makanan yang tidak tercerna di perut dan usus.

2. Belleric Myrobalan (Terminalia belerica)

Belleric myrobalan adalah komponen Triphala choorna yang sangat kuat, yang dikenal sebagai bahera. Ini adalah karminatif yang luar biasa. Ini memecahkan masalah diare dan gangguan pencernaan. Ini juga dapat diambil jika terjadi cacingan, yang bisa menjadi alasan gangguan pencernaan.

3. Uskup Ganja (Trachyspermum ammi)

Uskup gulma digunakan dalam pengobatan sejumlah besar masalah yang berhubungan dengan pencernaan, seperti gangguan pencernaan, diare, disentri, dispepsia atonik, kolik dan perut kembung. Ini adalah bahan penting dari sebagian besar hidangan India. Ini membantu pencernaan makanan berminyak dan pedas.

4. Bloodwort (Achillea millefolium)

Bloodwort adalah obat tradisional yang sangat sederhana yang digunakan untuk pengobatan gangguan pencernaan. Hanya sesendok jus segar ramuan ini tiga kali sehari membantu dalam pengobatan gangguan pencernaan dan gangguan lambung lainnya.

5. Kapulaga (Elettaria cardamomum)

Kapulaga adalah agen pendingin. Ini membantu perut dan usus untuk menenangkan setelah makan berat dan melakukan pencernaan dengan lebih baik. Ini membantu dalam mengusir angin yang disebabkan karena bahan makanan yang tidak tercerna.

6. Chicory (Chicorium intybus)

Chicory adalah pencahar alami. Penggunaan ramuan ini membantu dalam pengobatan sembelit kronis dan membantu pencernaan yang tepat.

7. Cengkeh (Syzygium aromaticum)

Tindakan astringen cengkeh pada perut merangsang produksi enzim makanan. Ini memfasilitasi pencernaan lebih cepat.

8. Dill (Anethum sowa)

Dill digunakan dalam pengobatan sembelit. Karena sifatnya yang ringan, dapat digunakan secara efektif untuk anak-anak.

9. Adas (Fenneliculum vulgare)

Adas adalah ramuan yang paling efektif dalam pencegahan gangguan pencernaan. Secara tradisional, beberapa biji adas yang dimaniskan dengan gula disediakan setiap habis makan. Ini dikenal untuk membantu pencernaan dan juga merawat bau tak sedap dari mulut dan perut kembung.

10. Bawang Putih (Allium sativum)

Bawang putih membantu dalam produksi enzim pencernaan yang lebih cepat dan juga menghilangkan masalah limbah dari sistem pencernaan. Karena sifat antiseptiknya, bawang putih juga dapat membantu dalam pencegahan penyakit pencernaan, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Bawang putih mengusir semua cacing usus jika ada.

11. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe sangat efektif dalam pengobatan semua jenis penyakit gastrointestinal. Ini dapat mengobati kolik, perut kembung, diare, disentri, sakit perut, dan pencernaan yg terganggu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>